PENILAIAN KURIKULUM 2013
PENILAIAN SPIRITUAL DAN SOSIAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari
ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
:
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh
14, skor maksimal 4 x 5
pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun
2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33
< skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor
≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor
≤ 1,33
Pedoman Observasi
Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang
lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
:
Lihat petunjuk
penskoran pada pedoman observasi sikap
spiritual
Pedoman Observasi
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
Ya = apabila
peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak =
apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA
diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Jawaban YA sebanyak
6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah :

Peserta didik
memperoleh nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap
spritual.
Pedoman Observasi
Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Toleransi
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati pendapat teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya,
dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Mememaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi
Sikap Gotong Royong
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam gotong royong.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap gotong royong yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Suka menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4
|
Rela berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi
Sikap Santun
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3S (salam, senyum,
sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Pedoman Observasi
Sikap Percaya Diri
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh
guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap spiritual
Contoh lain
instrumen penilaian adalah :
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi
Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Idris
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran :
4 = apabila
selalu konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila
sering konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspeksikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 =
apabila kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar